Tugas Analisis Artikel : Sosialisasi Open Source di Lingkungan Universitas

19 03 2012

Sun Mycrosystem belum lama ini merangkul dunia pendidikan di Indonesia untuk ikut dalam program Sun Campuss Ambassadorr. Program yang diperkenalkan pada tanggal 26 April 2007  lalu ini, memiliki tujuan untuk menyosialisasikan berbagai platform teknologi Sun (khususnya OpenSolaris dan Java) kepada para sesama rekan mahasiswa, pengajar, dan peneliti di lingkungan perguruan tinggi. Nantinya, diharapkan platform tersebut bisa menjadi platform pilihan di kalangan para pengembang akademisi muda.

Sun Campuss Ambassador ini merupakan bagian dari program Sun Educational Global yang selama ini selalu berfokus untuk memfasilitasi pengembangan-pengembangan terkenal di kalangan akademisi. “Sun Campuss Ambassador merupakan komponen utama dalam Sun Academic Initiative (SAI) dan dirancang untuk mengembangkan penggunaan teknologi tersebut di kalangan mahasiswa,”  ujar Harry Kaligis, Bussiness Development and Marketing General Manager PT Sun Microsystem Indonesia.

Sampai saat ini, program Sun Campuss Ambassador telah menjaring 300 mahasiswa di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Kartika Anindya Putri, mahasiswi jurusan Ilmu Komputer, Universitas Indonesia terpilih sebagai Sun Campuss Ambassadir Indonesia 2007. Nantinya, Kartika bersama pakar teknologi open source Sun Microsystem Indonesia akan memberikan berbagai pelatihan kepada komunitas pengembang teknologi Sun. Terpilihnya Kartika ini juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Dr. Zainal Hasibuan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Fakultas Ilmu Komputer, Univeritas Indonesia mengatakan, “Kami bangga mahasiswi kami terpilih menjadi Sun Campuss Ambassador Indonesia 2007. Program ini dapat membuka kesempatan kepada para mahasiswa, pengajar, dan peneliti untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan teknologi open source.”

info : http://www.sun.com

Sumber : Majalah CHIP, halaman 34, Mei 2007.

Istilah penting :

  • Platform (bahasa Inggris: cross-platform) adalah istilah dalam teknologi informasi mengenai sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan di beberapa sistem operasi yang berbeda (Microsoft Windows, Linux, Mac OS, BSD dan lain sebagainya).
  • Open Source (bahasa Indonesia: Sumber terbuka) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).
  • Sun Microsystems, Inc. adalah sebuah perusahaan yang menjual komputer, komponen komputer, perangkat lunak, dan pelayanan teknologi informasi yang bermarkas di Santa Clara, California.
  • Java dan OpenSolaris adalah software opensource yang diciptakan oleh Sun Microsystem, Inc.

Analisis :

Posting ini dibuat untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia 2, Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma.

 


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: